5 Hal yang menyenangkan dari mutasi



Tau nggak mutasi? iya, perpindahan tempat instansi kerja. Bisa jadi karena promosi, atau keperluan dinas lainnya. bagi sebagian orang, mutasi merupakan momok yang menyeramkan karena mau tidak mau mengusik zona nyaman mereka. Harus memikirkan akomodasinya lagi, beradaptasi dengan sistem kerja yang baru lagi bahkan siap kehilangan teman dan rekan kerja yang sebelumnya mungkin sudah sangat akrab kemudian menjalin tali pertemanan dengan orang-orang baru lagi. Ah....
Ironis memang, saat ada sebuah tembang dari Fourtwnty yaitu zona nyaman yang menginspirasi kita untuk keluar zona nyaman agar kita merasa lebih bebas dan berkembang. Eh saat dihadapkan pada kenyataan yang demikian pada mundur ke belakang hehehe..

nyanyi dulu ah, sembilu...! yang dulu....! biarlah berlalu.......! 


Nah, baru dasar ngomongin masalah mutasi ternyata aku sendiri ini sudah satu tahun tepat mutasi dari kantor yang lama. Apakah semenyeramkan apa yang dipikirkan oleh orang? oh tentu! tapi sedikit! lebih banyak hal-hal yang menyenangkan loh.

Oke berikut adalah 5 hal yang menyenangkan dari mutasi. 

1. Just enjoy the ride
Jarak kantorku yang lama memang tergolong sangat dekat dibandingkan dengan kantorku sekarang yang berjarak 16 KM. Jadi setiap hari total aku menggilas jalanan kota Gresik jalur Bunder - Banjarsari - Cerme - Boboh - Menganti sepanjang 32 KM pulang pergi.Memang berat di ongkos bensin sih tapi kalau dilihat sisi positifnya? Wah kita bisa menikmati perjalanannya itu sendiri. Bila pagi mungkin dulunya aku gak bisa bawa mobil atau motor kencang-kencang, nah! kalau sekarang bolehlah ngebut sedikit-sedikit hehehe apalagi saat jalanan sepi. Akhirnya gairah lelakiku tersalurkan ^_^.

Nah bila waktu pulang saat jalanan sedang padat-padatnya, mampir dululah ke alfamart atau indomart buat beli cemilan. Saat jalanan macet? ya bodo amat!..nyemil, dengerin radio Merdeka FM sambil nyanyi-nyanyi gak jelas. Wah nikmat sekali.Asal kagak kebelet boker ya?!? bisa jadi panjang perkara!?!

Kadang sesekali aku ngerekam perjalanan ala-ala motovlogger gitu deh. Neh salah satunya dengan tajuk "My Daily Route". Kenapa judulnya seperti itu? ya jelas karena rutenya situ-situ doang juga.


Seru banget loh..cuma dalam setahun ini sudah beberapa kali aku menjumpai langsung orang-orang yang harus meregang nyawa di jalanan karena kecelakaan.......😔😔😔

2. Meet a new friend
Sebagai orang yang pisces banget, aku mudah banget sih untuk bergaul dengan orang-orang baru. Tapi sebatas rekan kerja atau kenalan loh ya...kalo teman ataupun sahabat? nanti dulu hehehe...entah kenapa sulit sekali percaya pada orang asing apalagi waktu dekat ini. Lagi sensitif saat ini aku. Mutasi membuat kita mau tidak mau harus berkenalan dengan orang lain lagi. Positifnya tentu hal ini akan menambah circle pergaulan kita. Tau sendiri donk manfaat semakin luasnya circle pergaulan? bisa membantu dalam karir ataupun yang lain. Apalagi dengan beranjaknya waktu kita menemukan orang-orang yang satu frekwensi dengan kita. Wah seru!

Apabila di tempat kerja yang lama, aku punya gerombolan teman yang kita sebut sendiri dengan minnions karena orang-orangnya kecil-kecil dan imut gitu. Entah dengan kedepannya, kayaknya bakal  asik ini hehe..

The Minnios, Pak Rofiq, Aku, Pak Suyitno, Pak Wahyudi n Imam
"The minnions; Rofiq, Aku, Suyitno, Wahyudi n Imam saat ada after party pentas seni HUT Sekolah
(ki-ka)"


3. Meet the new talent
Salah satu hal yang membuatku bahagia menjadi seorang guru adalah saat aku bisa membawa anak-anak untuk berprestasi. Baik prestasi akademik ataupun non akademik. Beberapa hal yang paling berkesan adalah saat bersama-sama anak ekstrajurnalistik meraih predikat Best School di ajang Detcon Jawa Pos, Mewakili kabupaten Gresik berlaga di ajang Film Pendek FLS2N dan masih banyak sih. Nah di tempat baru ini, dengan karakter demografi yang pasti berbeda dengan sebelumnya aku sangat bersemangat dengan potensi apa yang mereka miliki.

"Saat meraih prestasi di ajang Detcon Jawa Pos"

Apalagi saat itu, masih beberapa minggu saja aku disini, aku sudah ditunjuk untuk mendampingi anak-anak ke ajang FLS2N tingkat Provinsi Jawa Timur untuk kategori lomba vocal solo putri dan lomba desain poster. Walaupun belum mendapatkan hasil yang terbaik tapi aku cukup senang. Karena ternyata potensi disini sangat luar biasa.

"Cuplikan penampilan anak-anak saat di Icon Mall"

4. The New Work Flow
Setelah satu dekade aku berkantor di tempat lama, pasti sistem kerjaku sudah sangat jelas. Aku mendapatkan tugas apa? membina apa saja? dan tugas selain pembelajaran apa saja? Bosan dan jenuh sudah seringkali menghinggapi tetapi mau bagaimana lagi.

Di kantor baru ini tentu aku tidak berekspetasi yang lebih dan muluk-muluk agar sesuai dengan apa yang aku inginkan. Ingat! sebagai seorang abdi negara, apa yang kita lakukan haruslah sesuai dengan mandat yang diberikan dan secukupnya. Dan apa yang terjadi? Saat kali pertama aku bertemu Kepala Sekolah, ternyata beliau sudah cukup mengerti kapasitas yang aku miliki. Sehingga pada saat itu juga aku diberi mandat untuk mengembangkan media sekolah (website dan akun media sosial) agar sekolah ini lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Wow..!! padahal posisi ini pernah aku usulkan di kantor lama tetapi ditolak dengan alasan bahwa branding sekolah negeri tidaklah terlalu penting hahaha...senang sekali lah aku karena dengan ini paling nggak ilmu desain komunikasi visualku berguna juga .

5. The New Spirit
Ya pastilah, hal terakhir yang menyenangkan dari mutasi adalah kita mempunyai semangat lagi terutama dalam karir. Memang zona nyaman terkadang membuat orang lengah dan dengan adanya mutasi paling tidak sebagai orang baru di sebuah lingkungan lama kita harus bisa menunjukkan prestasi kita, kapasitas dan kemampuan kita. Sehingga kita mempunyai kesan yang baik dan dapat diandalkan. "alah..pencitraan!" ya memang! bukankah sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi sesama? hehehe

Ya begitulah 5 hal yang menurutku menyenangkan dari sebuah proses mutasi. Jadi bagi kalian yang dimutasi juga, gak perlulah bersedu sedan! asal kita berpikiran positif pasti banyak kok hal-hal yang seru.


Komentar